Prosedur Kerja Resmi Ke Korea Selatan

Ada 2 langkah untuk dapat jadi TKI atau kerja di korea selatan yakni memakai jalan sah serta yang memakai cara cepat atau ilegal.Sedang pembayaran atau jumlah uang bergantung dengan proses mana yang kalian pilih,tapi tidak ada yang betul-betul tanpa ada keluarkan rupiah sedikitpun alias gratis,cuma kemungkinan banyaknya jauh dari angka yang umumnya.

Kerja ke Korea Selatan dengan memakai jalur yang betul entahlah itu melalui depnaker atau LPK tidak sama yang tidak memakai mekanisme yang dipastikan.Kalian dapat gartis serta tidak keluarkan uang sedikitpun bila patuhi proses yang pertama,bila menggunakan yang ke-2,jangan berharap dapat tanpa ada keluarkan uang.

Bagaimana proses mendaftarkan kerja ke Korea sah memakai penghubung LPK

K-o-r-e-a : ialah satu negara maju yang berupa republik yang terdapat di benua asia sisi timur.Sebetulnya negara ini tidak jauh berbada dengan negara asing maju lainnya,tapi yang membuat masyarakat indonesia berkemauan pergi ke sana ialah " upah " yang tinggi.

Saya akan terangkan sedikit di sini.Upah yang disebut banyak itu sebetulnya sama juga dengan upah kita di sini.Untuk masyarakat disana upah buat mereka ya standar saja seperti UMR kita saat ini.Tapi yang menjadikanya besar ialah impak KURS MATA UANG won serta UMR negara dari sana.

Berapakah kurs mata uang won saat ini?setiap saat dapat beralih,tapi tidak jauh dari nilai 1000 won = 11.000 sampai 12000 rupiah.Sedikit kok mas?memang betul,tapi kalian tahu UMR atau gaji minimal disana berapakah?

7.530 won PER JAM bila di kali jam kerja normal seputar 8 jam = 60.240 won ( satu hari)

Bila kita lembur serta jam kerja jadi 12 jam satu hari = 90.360 won ( satu hari)

Bila satu bulan berapakah kurang lebih yang kita bisa? = 2.000.000 won yang sama dengan 24-25 juta rupiah.

Kriteria ikuti program magang kerja korea

Sebelum putuskan ikuti program ini,kalian harus tahu dahulu ketentuan yang di perlukan dalam mengikutinya,serta apa itu ?

Umur 18-39 tahun

Tidak memiliki catatan di kepolisian ( di tunjukkan dengan SKCK berlaku)

Sedang tidak dalam " masalah serta dilarang pergi keluar negeri "

Mata jangan buta warna ( harus serta dilaksanakan cek waktu medical)

Minimum pendidikan SMP ( untuk yang kerja pada suatu perusahaan)

Tidak mempunyai penyakit " bercak " pada paru-paru ( di check waktu medical)

Mempunyai uang yang cukup

Ketentuan di atas dapat beralih setiap saat,tapi untuk tahun saat ini,seperti itu ketentuan yang berlaku.Untuk kalian yang menggunakan kacamata,diperkenankan ikuti asal " TIDAK BUTA WARNA " sebab ini mutlak serta jangan dilanggar,bila diketahui nakal,akan dipulangkan waktu itu .

Untuk kalian yang mempunyai sisa patah tulang diperkenankan,asal " pen " yang ada di tulang kalian telah di cabut serta dipastikan normal oleh dokter.Serta untuk yang mempunyai " bercak " di paru-paru sebetulnya dapat serta diperkenankan ikuti,asal diobati dulu serta bercak dipastikan hilang oleh dokter.

Untuk masalah paru-paru ini cukup sedikit rancu,sebab ada banyak kejasian dimana seorang pelamar kerja telah pergi ke dokter serta dipastikan pulih,tapi masih di tolak faksi HRD disana sebab " sisa " nya masih nampak.Sulit memang mengingat sisa penyakit ini tidak dapat HILANG SECARA TOTAL,tentu ada-ada saja sisanya meskipun sedikit.Untuk berjaga-jaga,sebelum putuskan ikuti program magang luar negeri ini,silakan cek situasi paru-paru kalian di RS serta melihat apa kalian mempunyai penyakit ini.

Tidak seperti program magang di jepang yang mempunyai ketentuan extra ketat,di sini bila kalian mempunyai sisa cedera operasi,masih diperkenankan turut.Yang mutlak serta tidak dapat ialah " BUTA WARNANYA ".Tapi bila ada dokter yang mampu menyembuhkan serta kalian mempunyai uang yang cukup,berobatlah serta sesudah pulih,silakan turut ( bila dapat pulih ).

Langkah pilih LPK luar negeri yang bagus

Saya kira ketentuan di atas telah kalian penuhi,saat ini saatnya memisah serta memilih Instansi Penyalur Kerja mana yang bagus serta dapat dipercayai agar kita tidak terserang muslihat pelaku nakal. Banyak masalah dimana seorang telah bayar berpuluh puluh juta,tapi pada akhirnya tidak pergi ke luar negeri.Ciri di bawah dapat kalian aplikasikan untuk semua negara asing arah,baik itu malaysia,singapura,hongkong,taiwan,arab saudi,australia serta masing banyak.

Persyaratan atau beberapa ciri tempat pelatihan yang bagus diantaranya :

Pembiayayaan yang terbuka ( bayar demikian untuk apa,demikian untuk apa ) semua terang-terangan serta tidak ada yang di tutup tutupi.Bila kalian mendapatkan tempat yang pembayaranya aneh serta berkesan tutup nutupi atau meresahkan,JANGAN diambil,mencari tempat lainnya.

Tempat pelatihan yang bagus umumnya mempunyai susunan evaluasi yang terorganisir serta guru yang bagus.Tujuannya ialah : bila kalian baru belajar,ya diberikan pelajaran awal dengan benar dan baik.Pokoknya tidak semrawut,anak baru digabung anak lama,evaluasi dikebut tanpa ada menimbang nimbang kekuatan seorang.Bila kalian merasakan tempat semacam ini,cepatlah geser,sebab hari esok kalian sebagai taruhanya,kecuali uang kalian akan terbuang percuma.

Cari info adakah alumni yang sukses pergi pada tempat itu,serta makin banyak alumni yang telah membuktikanya akan makin jamin tempat itu aman.

Tanyakanlah adakah " dana talangan " bila saat nanti pergi kita belem mempunyai dana yang cukup.Bila memang tempat itu bagus,saya percaya mereka akan mampu memberi dana talangan untuk kerja ke korea gratis tanpa ada ongkos dengan pembayaran mencicil atau potong upah.Namanya tempat bagus,tentu berani jamin siswanya.Jika abal-abal saya percaya TIDAK AKAN BERSEDIA

Waktu pilih tempat,cari info sebanyak-banyaknya entahlah itu melalui rekan,saudara,sosial media atau jika perlu pergilah ke Depnaker paling dekat serta tanyakanlah tempat pelatihan yang di merekomendasikan oleh mereka.JANGAN ASAL DALAM MEMILIH TEMPAT BELAJAR!!

Saya pikir persyaratan di atas cukup untuk pastikan apa tempat belajar itu bagus atau mungkin tidak.

Bagaimana tahap by tahap saat di LPK luar negeri

Saat telah mendapatkan tempat yang bagus,silakan masuk serta membayar awal.Untuk banyaknya beragam bergantung kebijaksanaan semasing tempat.Tetapi tempat yang bagus umumnya dapat dilaksanakan dengan mencicil,banyaknya juga tidak banyak seputar 2.000.000 sampai 3.000.000 rupiah.Untuk penghasilan yang cukup besar,saya pikir uang dengan jumlah jumlah itu,benar-benar wajar sebab kita akan gampang " balik modal " nanti.

Saat telah bayar lalu apalagi?Terdapat beberapa yang perlu dilaksanakan,serta saya akan coba menerangkan satu-satu,silakan dibaca baik-baik.Tapi satu kali lagi saya tegaskan,saya cuma sampaikan info sebisa saya,bila ada kekurangan silakan diperlengkapi dikolom tanggapan,serta tolong hargai usaha saya ini meskipun cuma sedikit.hehe.

1. Mulai belajar ( dari abjad HANGEUL sampai cakap menulis,bicara,serta dengar)

Step awal ialah kalian pasti diajari mengenai huruf serta abjad,karena dari semua bagian baik bentuk serta langkah bacanya,semua tidak sama.Kemungkinan bila bahasa inggris semakin lebih gampang sebab abjadnya sama,tapi jika HAN GEUL ( arti abjad dalam korea ) semua tidak sama.

Bila dimisalkan anak sekolah,kita kembali pada SD di saat belajar membaca.Serta mau-tidak ingin kalian harus patuhi ini,karena ketentuan penting untuk lulus tes ialah : dapat tidaknya kalian pahami kosa kata dari sana.Walalupun demikian,kerjakan secara serius,sebab hasil ialah buah dari usaha yang kalian kerjakan.

2. Sekalian belajar kalian akan menanti agenda tes dari HRD dari sana

Untuk tes nya sendiri cuma dilaksanakan SATU TAHUN SEKALI,serta kapan saatnya cuma faksi disana yang punyai kuasa.Tapi umumnya bila telah dekat saatnya,kalian akan diberi info oleh faksi pengelola pelatihan.Informasi apa akan ada tes serta kapan saatnya akan dilaksanakan satu waktu,jadi silakan update informasi paling baru dapat melalui grup FB yang tersedia banyak di sosial media.

Apa tiap tahun ada seleksi tesnya?

Jawabanya tidak.Misalnya di tahun 2016 lantas yang dalam setahun itu tidak ada benar-benar.Mengapa?apa penyebabnya?

Ini,bila ada lowongan dari sana,tentu mereka mempunyai " jumlah optimal " peserta yang dapat lulus kan? Bila mereka memerlukan 1000 orang pekerja sesaat yang berhasil lolos capai 3000 pekerja,bekasnya dikemanakan? Jawabanya ialah : Berkasnya untuk isi lowongan tahun kedepan.

itu penyebabnya di tahun 2016 tidak ada tes kekorea,karena jumlah peserta yang lulus di tahun 2015 melewati sasaran.Jadi tersisa peserta itu dikirim di tahun selanjutnya.Saya berharap kalian paham keterangan saya di atas.

3. Daftar tes

Bila telah dipastikan kapan saatnya,silakan daftarkan diri,untuk yang ini " bebas " untuk siapapun.Maka bila kalian belum dapat,diperkenankan ikuti,serta yang tidak pahami benar-benar diperkenankan turut,tapi dengan risiko tidak berhasil yang besar tentu saja ( tidak paham lantas bagaimana mengerjakanya)?.

Sesudah dipastikan lulus,ada lanjutanya yakni : tes kemampuan

Silakan turuti prosedurnya sesuai dengan instruksi yang diberi,di sini kalian cuma akan diberikan perintah untuk ( membenahi balok/kayu sesuai dengan tempat serta ukuran yang sudah dibikin,membenahi kartu,dan lain-lain ).Saya berharap kalian telah punyai deskripsi dari keterangan saya itu.

4. Medical

Sesudah dipastikan berhasil lolos pada step di atas,cara setelah itu medikal cek up. Di sini yang " DILARANG " ialah : buta warna,bercak pada paru-paru,HIV,penyakit menyebar,penyakit akut seperti jantung liver dan lain-lain.

Bila kalian tidak mempunyai penyakit di atas,kemungkinan besar kalian dapat masuk.Silakan di check terlebih dulu pada rumah sakit paling dekat kalian untuk berjaga-jaga.

Tempat untuk cek kesehatan di tunjuk oleh BNP2TKI,untuk lebih detilnya silakan tanyakanlah pengelola tempat les kalian.Sebab setiap propinsi umumnya tidak sama.Bila kalian merokok,ada trick cek kesehatan untuk perokok yang kalian harus tahu.

5. Pengurusan berkas serta psikotes kejiwaan

Step setelah itu pengurusan berkas seperti ( pasport,skck,dll ).Silakan diperlengkapi secara baik.Selanjutnya diteruskan dengan cek kejiwaan kalian,serta tempat dimana,dapat kalian tanyakanlah ke pengelola pelatihan kalian.

6. Scan data serta sending data

Bila semua dipastikan " baik serta ok " setelah itu kalian akan lakukan scaner data asli ( KTP,IJASAH SD-TERAHIR,AKTE,KK,SERTIFIKAT KELULUSAN BAHASA,SERTIFIKAT LAIN JIKA ADA,BERKAS LAINYA).Sesudah usai,faksi pengelola akan lakukan sending data dengan cara manual,jadi kita tak perlu menyerahkan data ke BNP2TKI,kita yang kirim berkas sendiri melalui e-mail.

Kalian akan dibuatkan e-mail baru,silakan disimpan secara baik pemakai id serta paswornya.JANGAN SAMPAI LUPA!.Manfaatnya sebagai pernyataan cara setelah itu yang akan saya ulas di bawah.

7. Menanti SLC ( Surat Lisensi Contrak)

Berikut tingkatan yang sangat memerlukan waktu lama,bentuk Suratnya seperti di bawah :



Kira-kira memiliki bentuk semacam itu,nampak beberapa kolom yang perlu terisi kan? Siapa yang isi,serta darimana kah kita ketahui apa sudah semua terisi?

Berikut fungsinya e-mail yang saya katakan di atas,kalian akan diberitakan melalui e-mail,saat ada pernyataan baru.Semua harus terisi serta dipastikan lulus,baru kalian dapat pergi ke korea.Bagaimana detilnya kalian dapat tanyakanlah ke pengurus tempat pelatihan,minta maaf saya kurang pintar menerangkan suatu hal,takutnya kalian salah responsif,kelak justru ribet.

Yang pasti,semua kolom harus OK.Tidak ada yang dengan status " dikembalikan ".

8. Prelim ( Preliminary Pelatihan)

Ini ialah pekerjaan yang dilaksanakan di kantor BNP2TKI yang terdapat di ciracas jakarta timur.Cukup sedikit panjang keteranganya,tapi untuk memudahkan kalian pahami,saya pakai arti saya saja.

Dalam bahasa saya, prelim ialah : satu pekerjaan pembekalan atau training agar kalian paham bagaimana budaya dari sana,makanan dari sana,sopan santun dari sana,pokoknya kalian dikasih bekal ( pengetahuan bukan uang ) untuk ada di negeri orang.

Apa yang dibawa?

Baju cukup

Alat mandi

Berkas-berkas selengkap kemungkinan

Uang belanja

Di sini kalian akan lakukan cek kesehatan lagi,jadi cek kesehatan bukan hanya dilaksanakan sekali,kelak juga waktu datang di lapangan terbang sana,kalian kembali lagi akan lakukan cek kesehatan,tapi tenang saja,bila kalian tidak mempunyai penyakit sama seperti yang saya katakan di atas,kemungkinan berhasil lolos.

Bila kelak kalian telah tiba tingkatan ini,peluang dapat pergi telah 99%,bekasnya masih ada kuasa TUHAN dari sana.Jadi masih lah jadi pribadi yang baik,agar TUHAN berbaik hati pada kalian.

9. Terbang serta pergi

Sesudah lakukan pelatihan,kalian akan diperkenankan pulang,tapi tidak lama,kemungkinan seputar tiga hari sampai 1 minggu,selanjutnya berangkatlah kalian jadi pahlawan devisa negara.Sedikit lagi yang dapat saya berikan.Cuma titip pesan saja,berlakulah sopan dimana saja serta pada siapa saja,sebab perilaku serta atitude kalian akan tentukan hari esok kalian sendiri.

Catatan :

Kerjakan pendaftaran pada LPK di saat sesudah diadakanya tes,sebab kalian akan mempunyai waktu panjang untuk belajar bahasa ( kan ada tes lagi tahun kedepan ) jadi kalian punyai waktu setahun untuk bekajar sampai betul-betul cakap

Tidak ada yang dapat jamin kalian 100% dapat pergi,tapi kalian harus percaya,dan itu fungsinya cari tempat yang " paling dipercaya ".

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prosedur Kerja Resmi Ke Korea Selatan"

Posting Komentar